Selasa, 03 April 2012

PPKK


Tugas 1
Pertumbuhan Pohon dan Kualitas Kayu

TUMBUHAN SEBAGAI SUMBER KEHIDUPAN


logo-unhas-hitam-putih.jpg



Oleh

Nama              : Irfan Asmadi
Nim                 : M111 10 010
Kelas               : A


FAKULTAS KEHUTANAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
                                         MAKASSAR   
2012
Tumbuhan Sebagai Sumber Kehidupan

            Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang sangat penting. Kehidupan tidak akan berlangsung terus abapila di muka bumi ini tidak ada tumbuhan. Sebabnya ialah karena tumbuh-tumbuhan dapat membuat makanan dari udara, air dan cahaya matahari. Hewan mendapatkan makanannya dengan memakan tumbuh tumbuhan dan memakan hewan lainnya. Manusia juga mendapatkan makanan dengan memakan tumbuh-tumbuhan dan hewan. Oleh karena itu dalam suatu ekosistem dibutuhkan suatu interaksi antar makhluk hidup yang dimana sumber utamanya adalah tumbuhan sehingga kehidupan dapat berlangsung dan seluruh makhluk hidup dapat melangsungkan kehidupannya.
Selain dari rangkaian kata tersebut diatas, terdapat juga beberapa hal lain yang merupakan peranan tumbuhan sebagai sumber kehidupan yang dimana peranannya itu sangat besar terutama bagi :
1.      Manusia
Keberadaan manusia di muka bumi ini memerlukan oksigen, air dan sumber makanan untuk kelangsungan hidupnya. Selain sebagai sumber air tanah dan penghasil oksigen, tumbuhan juga berfungsi untuk menyerap karbon dioksida. Karbon dioksida sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Tak hanya itu, keberadaannya di alam ini juga berfungsi untuk mencegah banjir, longsor maupun erosi.
            Tumbuhan sebagai sumber makanan. Sumber makanan tidak hanya terdapat pada hewan saja, namun sebagian besar sumber makanan justru terdapat pada tumbuhan. Banyak protein dan nutrisi yang terkadung pada makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti: buahbuahan, sayur-sayuran, biji-bijian, ubi-ubian dan sebagainya. Beberapa tumbuhan yang menghasilkan makanan adalah:padi, jagung, sagu, ketela, ubi jalar dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan gizi yang penting untuk kesehatan tubuh seperti halnya: buah papaya, buah pisang, buah apel, buah pear, buah strowberi, buah jeruk yang kaya akan Vitamin C.
Disamping untuk memenuhi gizi dan nutrisi tubuh manusia, tumbuhan juga dapat digunakan sebagai peralatan rumah tangga. Berbagai peralatan rumah tangga banyak yang terbuat dari tumbuhan seperti halnya kayu yang dapat dimanfaatkan untuk membuat rumah, peralatan dapur, meja, kursi, rak buku, mainan anak-anak dan tak jarang hiasan atau aksesoris rumah yang terbuat dari tumbuhan / kayu.
Manfaat penting lain yang diberikan oleh tumbuhan adalah tumbuhan sebagai pencegah erosi. Dimana beberapa tumbuhan mampu menjaga tanah dari terjadinya erosi. Air hujan yang turun sangat lebat mampu mengikis tanah yang tidak ada tumbuhannya, sehingga hal ini memicu terjadinya longsor dan banjir bandang. Dengan adanya tanaman / tumbuh-tumbuhan maka air dapat diserap oleh akar-akar pohon. Tidak hanya sebatas menyerap air hujan saja, namun akar-akar pohon tersebut mampu memperkuat kondisi tanah diatasnya, sehingga air-air tersebut tidak mudah mengikis kondisi tanah.
Mengingat manfaat tumbuhan dan hewan begitu besar terhadap lingkungan dan alam sekitar, maka sudah kewajiban kita untuk menjaga dan melindungi ekosistemnya dari ulah-ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.
Selain itu, tumbuhan juga sangat bermanfaat untuk kehidupan rumah tangga yaitu sebagai hiasan untuk memperindah pemandangan rumah. Rumah bukan hanya harus dilengkapi dengan furnitur serta design interior yang bagus dan indah saja, Namun perlu juga adanya tanaman dirumah yang  memiliki beberapa fungsi diantaranya tanaman bisa sebagai pemanis dan juga sebagai kesehatan untuk menghirup udara yang baik untuk tubuh .
Ini dia beberapa alasan pentingnya menanam tanaman di rumah:
http://hiasanrumah.files.wordpress.com/2011/11/tanaman-dirumah-1.jpg?w=326&h=216
Peneliti membuktikan bahwa dengan memandang tanaman saja sudah sangat memberikan efek yang baik buat kesehatan. Pemandangan bunga dan juga tanaman yang hijau mampu meberikan kesan senang bagi siapapun yang memandangnya.  Selain itu aroma tanaman juga memberikan kesan relaks.
Tanaman dirumah bisa menghilangkan emosi negatif serta perasaan gelisah dari aktifitas monoton yang  kita lakukan seharin. Penelitian juga membuktikan bahwa sebagian besar hal yang membahayakan kesehatan seseorang karena jarang berada di luar ruangan dan mencari udara segar.
Keberadaan tanaman dirumah juga memberikan anda kegiatan yang baru namun sekaligus mengasyikan. Seperti memberi pupuk, menyirami tanaman, memangkas tanaman yang mati. Hal sesimple ini bisa memberikan efek besar bagi kebahagiaan anda. Kegiatan tersebut menurut peneliti jugaa merupakan salah satu olahraga yang baik bagi kesehatan  tubuh.
http://hiasanrumah.files.wordpress.com/2011/11/berkebun.jpg?w=645
Dengan menanam juga bisa memicu anda untuk mengkonsumsi makanan sehat. Tidak perlu membeli sayur-mayur yang belum terjamin kesegarannya. Di kebun sendiri kita juga  bisa menanam aneka macam tanaman obat, bumbu serta sayur mayur dengan alami, kita juga bisa lebih berhemat uang untuk keperluan dapur.
Fungsi tanaman dirumah juga bisa menginspirasi anda untuk mencoba bercocok tanaman dirumah dengan cara ang simple dan mudah. Caranya bisa di area pekarangan anda, atau jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas bisa saja dengan menggunakan pot untuk menanam. Tidak sulit kan? Saya rasa anda bisa mencobanya dengan mudah di rumah.
2.      Binatang
Sama halnya dengan manusia, keberadaan tumbuhan di muka bumi ini juga amat dibuthkan oleh binatang untuk melangsungkan kehidupannya yaitu sebagai sumber makanan, oksigen dan tempat berteduh.

3.      Mikroorganisme
Mikroorganisme juga amat membutuhkan keberadaan tumbuhan di muka bumi ini untuk tetap hidup dan berkembang biak karena lingkungan yang ditumbuhi pepohonan akan menghasilkan pertumbuhan yang optimal dan seimbang bagi semua makhluk hidup terutama mikroorganisme di dalam maupun di luar tanah.
Tumbuhan adalah mahluk hidup yang tidak dapat berpindah tempat dan memproduksi makanannya sendiri. Sangat berbeda dengan hewan terutama manusia yang menggantungkan hidupnya dengan mahluk hidup lainnya, dengan bantuan sinar matahari makanan dari tumbuhan diproduksi sendiri menggunakan unsur-unsur anorganik yang terdapat di tempat sekitar mereka hidup. Proses ini disebut fotosintesis. Sifat tumbuhan ini disebut autotrof, dan karena sifat inilah tanaman selalu ditempatkan di tempat pertama di setiap rantai makanan mahluk hidup.
Pada tumbuhan proses fotosintesis dilakukan di siang hari dikala matahari menyinari bumi. Proses ini adalah proses biokimia yang juga dilakukan oleh jenis lumut dan bakteri untuk memproduksi makanan. Photos artinya cahaya dan dengan menggunakan cahaya matahari inilah tumbuhan mengubah gas karbondioksida dan unsur-unsur mineral dalam tanah serta air untuk menghasilkan gula (glukosa) dan oksigen. Proses ini dilakukan oleh zat hijau daun bernama klorofil yang berada di daun dan dilindungi oleh lapisan lilin untuk mencegah penguapan. Gula disini disimpan tumbuhan sebagai cadangan energi, dan oksigen yang dihasilkan dinikmati oleh semua mahluk hidup di dunia ini.
Tumbuhan mampu menhasilkan makan sendiri. Bahan makan yang dihasilkan tidak hanya dimanfaatkan untuk tumbuhan sendiri, tetapi juga manusia dan hewan. Bukan saja makan yang dihasilkan, tetapi tumbuhan dapat menghasilkan O2 atau oksigen, dan mengubah karbon dioksida atau CO2 yang dihasilkan oleh manusia dan hewan menjadi oksigen yang dapat digunakan oleh mehkluk hidup lain.
Peranan penting yang terkandung
Begitu pentingnya peranan tumbuhan hijau bagi kelangsunggan hidup dan juga bumi ini. Karena tumbuhan selain sebagai produsen pertama pada rantai makan, juga memiliki peranan penting sebagai penghasil oksigen terbesar bagi kelangsungan hidup mahkluk hidup. Serta menangani krisis lingkungan. Pada kenyataan yang terjadi, pembangunan perumahan, perkantoran dan sebagainya dibangun di lahan pertanian maupun ruang terbuka hijau. Padahal tumbuhan dalam ekosistem berperan sebagai produsen pertama yang mengubah energi surya menjadi enegri potensil bagi mahkluk hidup lainnya. Sehingga dengan meningkatkan penghijauan maka kita mengurangi dampak pencemaran udara dalam hal ini polusi, mengurangi CO2 atau polutan lainnya, mengurangi dampak dari efek rumah kaca, atau gangguan iklim.
Salah 1 manfaat tumbuhan hijau yaitu "fotosintesa"
Pada proses fotosintesa tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan C6H12O6 serta peranan O2 yang sangat dibutuhkan bagi mahkluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepaskan O2 kembali ke udara. Di samping itu proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberika berbagai fungsi untuk kebutuhan makluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan.
Macam-macam manfaat tumbuhan hijau bagi makhluk hidup
1.                  Sebagai paru-paru dunia
http://static.desktopnexus.com/thumbnails/518257-bigthumbnail.jpg
Tanaman sebagai elemen hijau, pada tumbuhan menghasilkan zat asam(O2) yang sangat diperlukan bagi mahkluk hidup untuk pernafasan, sehingga kelangsungan hidup manusia sangatlah bergantung akan kesuburan tanaman.

2.      Sebagai pengatur lingkungan

http://www.familyfirst.org.uk/SiteCollectionImages/ist2_581051_green_recycle_symbol.jpg
Vegetasi pohon hijau akan menimbulkan hawa lingkungan menjadi sejuk, nyaman dan segar yang mengakibatkan seluruh makhluk hidup dapat melakukan pernapasan dengan segar.
3.      Penyeimbang alam

http://rmhpintar.files.wordpress.com/2010/08/timbangan_buah.jpg
Merupakan pembentuk tempat-tempat hidup alam bagi satwa yang hidup disekitarnya.


 4. Perlindungan terhadap kondisi fisik alami

http://www.kabarindonesia.com/gbrberita/201003/20100304125156.jpg

Perlindungan ini bisa di usahakan dengan melindungi angin kencang, terik matahri, gas dan debu-debu, kebisingan suara dan kendaran bermotor, dll.

5. Pencipta lingkungan hidup (ekologis)


http://daukhan-arsitek.com/wp-content/uploads/2009/10/rumah-ekologis.jpg

6. Keindahan (estetika)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhW3ioU6dJfDr0haqAywqdkyHVJ03CPF5pAr4V-csSnVA8qCOecm6XCyRD4zaqyucA-Nh24bUog102ppZIG26IrAKsnwBnX-tsRH0DQi7E6zhMXnlDHSQuOh_SswfRtKG20cHl6yOPL8Ko/s320/forest12.jpg
7.  Kesehatan

http://thumbs.dreamstime.com/thumblarge_566/12929310378LJ62J.jpg

8. Edukatif (rekreasi + pendidikan)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWWejqvD7LTEhd0FD8toU6c2uyo13ohfyQOqqh78rlKQgvHj4M8-yqSXg5iNaMzZQbpHHukByRUOq-4HGG3gpVLh5uidwDYBSGJMPndICuDBmDPUshjysqDxVjeAm4vSkxPG9lfIsewLo/s320/bundarweb.JPG

9. Sosial polik ekonomi

http://www.equitablepolicy.org/images/ekling.jpg
10. Pencegahan bencana alam


http://novan.kojaque.com/wp-content/uploads/2009/01/banjir1.jpg

Pada awal terciptanya, bumi tidak memiliki oksigen dan karena itulah tidak ada mahluk hidup yang dapat hidup. Proses munculnya oksigen di bumi ditimbulkan setelah organisme pertama di bumi, yang dipercaya sebagai lumut atau ganggang-ganggangan, menghasilkan proses fotosintesis, mengubah karbon yang saat itu memenuhi bumi dan menciptakan oksigen. Ganggang-ganggangan pertama tersebut akhirnya berevolusi dan membentuk tumbuh-tumbuhan seperti yang ada hingga sekarang dan menciptakan bumi seperti sekarang ini dimana oksigen dapat diperoleh secara bebas oleh mahluk hidup lainnya.
Tumbuhan dipelajari sebagai objek dari sebuah cabang ilmu pengetahuan disebut botani atau ethnobotani. Tumbuhan selain berfungsi sebagai penyedia oksigen di dunia juga memiliki banyak manfaat bagi mahluk hidup yaitu :
1.      Sebagai makanan
Tanaman saat ini menjadi salah satu penyedia bahan makanan bagi manusia, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Secara langsung tanaman menyediakan bahan makanan pokok seperti gandum, beras dan jagung serta berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang penting untuk nutrisi manusia serta budidaya lainnya seperti kopi, teh, gula, bir, alkohol, dan lain-lain. Selain itu tanaman juga menjadi bahan olahan untuk produk lain seperti mentega, minyak goreng, susu kedelai, dan yang lainnya. Tanamanpun menjadi bahan makanan hewan yang juga menjadi makanan manusia.
2.      Sebagai Produk non makanan
Sebagai produk yang bukan makanan, tanaman menghasilkan kayu yang berguna bagi bangunan, kertas, perabot, dan sebagainya, juga sebagai bahan pembuat kain. Hasil tanaman dari jaman purba juga bermanfaat untuk bahan bakar yaitu batu bara. Untuk dunia kedokteran tanaman menghasilkan aspirin, morfin, quinine, dsb dan produk herbal non kimiawi seperti ginseng, temulawak, kunyit, jahe yang digunakan untuk pengobatan tradisional. Tanaman juga menjadi bahan utama kebutuhan rumah tangga dan kecantikan serta menjadi bahan utama pembuatan karet, plastic, permen karet dan bahan kimia organik yang digunakan untuk ilmu pengetahuan dan percobaan.
3.      Sebagai penggunaan estetika
Banyak sekali jenis tanaman yang beredar sebagai tanaman hias. Tanaman ini dipelihara oleh berbagai pecinta tanaman baik untuk sekedar menghiasi tempat tinggal mereka ataupun untuk meneduhkan lingkungan, mendinginkan temperatur, mengurangi hembusan angin, mengurangi kebisingan, menambah privasi dan melindungi tanah dari erosi.
4.      Sebagai pengembang ilmu pengetahuan dan budaya
Tanaman juga berguna sebagai pendukung ilmu pengetahuan, dunia kedokteran dan berbagai kebudayaan dunia. Seperti kita tahu bahwa para ahli arkeolog dapat mengidentifikasi usia fosil, dan dunia kedokteran tertolong dengan ditemukannya obat bius dari morfin dan kokain. Tanaman juga banyak dipakai sebagai lambang beberapa Negara dan kelompok-kelompok tertentu.
Berdasarkan uraian tersebut diatas maka diketahui bahwa begitu banyaknya manfaat tanaman untuk kelangsungan hidup manusia, binatang, mikroorganisme maupun makhluk hidup lain. Oleh karena itu, dengan memperbanyak tanaman maka kehidupan manusia, binatang, mikroorganisme, dan bahkan makhluk lain akan berjalan dengan seimbang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design